1 Tips agar terhindar dari hoax, tapi...


Selamat datang kembali di blog tipsanaz (dibaca: Tips Anaz). Pada kesempatan kali ini, saya akan memberi satu tips untuk anda agar kita terhindar dari hoax. Apakah itu? Jangan malas baca. Ya, itu saja. Jangan malas baca. Titik!

Kedengarannya simpel tapi mungkin anda agak bingung dengan satu tips yang saya sebutkan tadi. Izinkan saya memaparkan pandangan saya terhadap "jangan malas baca" agar anda dapat mengerti apa yang saya maksud barusan.



Malas baca?

Kita sekarang ini malah lebih sering lihat gambar atau video berkat kecanggihan teknologi yang terus berkembang dan membuat kita semakin malas untuk membaca tulisan-tulisan. Masa' sih? Cek saja sekeliling anda. Anda akan menemukan banyaknya gambar dan video.  Seperti iklan di jalan, iklan di internet, hingga iklan pop up di internet.

Jadi, sangat dipungkiri bahwa teknologi zaman sekarang ini akan menggiring kita semua untuk malas membaca. Terutama, malas membaca berita panjang yang membuat kita kurang mendapatkan informasi. Dan ini bisa berdampak buruk terhadap orang Indonesia itu sendiri.

Minat baca orang Indonesia?

Parahnya lagi menurut survey, bahwa orang Indonesia memiliki sedikit minat untuk membaca. Terutama berita yang terdapat banyak teks. Padahal, dengan membaca kita akan lebih terkontrol emosi serta lebih menyehatkan. Ini menurut beberapa sumber yang saya dapatkan di internet dan saya pribadi sudah menilai bahwa hasil temuan ini benar dan akurat.

Jadi, saya harap anda sebagai orang Indonesia memiliki minat membaca terutama berita yang isi tulisannya panjang. Keuntungannya bukan untuk saya, tetapi untuk anda sendiri.

Intinya? Kesimpulan?

Jangan malas membaca. Baca dengan teliti, lihat sumbernya, dan tentukan dengan bijak informasi tersebut, apakah ini benar atau hoax. Jika hoax, jangan share. Kecuali anda ingin memberi tahu kepada yang lain bahwa info tersebut hoax. Jika info itu benar, silahkan share.

Karena anda mesti bertanggung jawab terhadap apa yang anda share. Jangan lupa sebutkan sumber darimana informasi tersebut didapat agar dapat ditelusuri kebenarannya seandainya ada orang yang ingin mengetahui seberapa valid informasi tersebut.


Oke, sekian dari Tips Anaz. Semoga bermanfaat dan silahkan di-share jika anda fikir artikel ini bermanfaat untuk banyak orang.

Tips Anaz pamit dan sampai ketemu kembali. See you!

Artikel ini diedit pada 27 Januari 2018

Komentar